Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

Devi Anggraini (Unknown)
Pentatito Gunowibowo (Unknown)
Haninda Bharata (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2016

Abstract

This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning model of MMP type in terms of students mathematical representations skill. The population of this research was all students of grade 7th of Junior High School 3 Natar in academic year of 2015/2016 which were distributed into five classes, then it was taken two classes as the sampel by purposive random sampling. Based on the research results, it was concluded that the cooperative learning model of MMP type wasnt effective in terms of students mathematical representations skill.Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe MMP ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Natar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam lima kelas, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel melalui teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe MMP tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa.Kata kunci: kemampuan representasi matematis, MMP, pembelajaran kooperatif

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...