JSME MIPA UNIMA
Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MATRIKS

Bawala, Arter (Unknown)
Lolombulan, Julius H. (Unknown)
Kumesan, Selfie L. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi matriks. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-Experimental Design dengan model One-shot Case Study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Tondano tahun ajaran 2015/2016 semester genap, kelas Jasa Boga dengan siswa 21 orang. Data yang diperoleh adalah hasil posttest siswa kelas eksperimen dengan rata-rata yaitu 79 dan simpangan baku = 9,98. Uji normalitas data terpenuhi di mana data tersebut berdistribusi normal. Hasil analisis data dengan taraf nyata 0,05 diperoleh 5.507 1.725 sehingga menolak dan menerima . Disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada materi matriks yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS melebihi kriteria ketuntasan minimal (66,67) yang telah ditentukan oleh sekolah. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar, matriks.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...