REKA INTEGRA
Vol 2, No 4 (2014): Edisi Kedelapan

USULAN PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (STUDI KASUS: FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN ITENAS BANDUNG

Iryanti, Meisya Nur (Unknown)
Desrianty, Arie (Unknown)
Prassetiyo, Hendro (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2014

Abstract

Mahasiswa yang memiliki IPK lebih dari 3 diasumsikan memiliki prestasi akademik yang baik dan dapat menguntungkan mahasiswa, salah satu contohnya adalah mempermudah dalam mendapatkan pekerjaan. Faktor yang mempengaruhi prestasi akademik antara lain adalah faktor sebelum masa perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan peningkatan nilai IPK mahasiswa ITENAS sebelum masa perkuliahan. Metode yang digunakan adalah Structural Equational Modeling (SEM) yang merupakan metode yang terdiri atas regresi berganda, analisis jalur, dan analisis faktor. Berdasarkan hasil pengolahan data pernyataan tertutup variabel yang memiliki pengaruh terbesar adalah variabel psikologi dan variabel sekolah sedangkan untuk pernyataan terbuka yang memiliki hasil terdapat perbedaan yang signifikan antar variabel adalah variabel jalur masuk Kata kunci: model Structural Equational Modeling, prestasi akademik, faktor yang mempengaruhi prestasi akademik ABSTRACT Students with GPA more than 3 are assumed to have a good academic record and can benefit students, one example is the ease in getting a job. Factors affecting academic achievement among other factors before the lecture. This research aims to propose an increase in student GPA ITENAS before the lecture. The method used is Structural Equational Modeling (SEM) is a method that consists of multiple regression, path analysis, and factor analysis. Based on the results of data processing enclosed statement variables that have the greatest impact is the psychological variables and school variables while for an open statement that has result there are significant differences between variables are variables pathway. Keywords: Structural Equational Modeling model, academic achievement, factors influencing academic achievement

Copyrights © 2014