Tujuan dari penelitian ini iala untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran jaring laba-laba (Webbed) dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design (eksperimental-semu) nonequivalent control group design. Â Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Makassar yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 316 siswa. Â Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak (Random sampling) yaitu 2 kelas yakni kelas XI IPA 1 sebanyak 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Â Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran jaring laba-laba (Webbed) efektif dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa SMA Negeri 2 Makassar. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis data Post-test pada kelas Eksperimen sehingga diperoleh hasil yaitu th= 3,91 ttabel = 1,995 pada taraf signifikan 0,05.
Copyrights © 2017