REFLEKSI EDUKATIKA
Vol 8, No 2 (2018): Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Juni 2018)

TIPE DAN FUNGSI PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

Mahda Haidar Rahman (MTs NU TBS Kudus)
Subyantoro Subyantoro (Universitas Ngudi Waluyo)
Mimi Mulyani (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2018

Abstract

Bertanya merupakan kegiatan penting dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa. Hal ini dikarenakan pertanyaan dapat mengawali sebuah interaksi. Interaksi yang baik merupakan awal pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe dan fungsi pertanyaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode padan yang dilanjutkan dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP) untuk mengklasifikasikan tipe dan pertanyaan. Berdasarkan pengamatan, tipe pertanyaan yang sering digunakan guru secara berturut-turut yakni: factual, perceiving and initiating action, conceptual convergen, conceptual divergen, valuing, evaluative, dan actualizing. Adapun fungsi pertanyaan berdasarkan fungsi yang sering muncul secara berturut-turut yakni: elisitasi faktual, memeriksa pemahaman, menejemen kelas, membangun pemikiran, konfirmasi, memeriksa pengetahuan, menyuruh/ melarang, membangun konten, isyarat elisitas, klarifikasi, merekap, mengembangkan kosakata, sanjungan/ sindiraan, refleksi dan mempraktikkan keterampilan. Fungsi pertanyaan dapat berbeda bergantung pada konteks interaksi, tidak bergantung pada tipe pertanyaan.  Pertanyaan yang baik adalah pertanyaan yang sesuai dengan konteks interaksi dalam kelas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Education

Description

Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan menampung artikel ilmiah hasil penelitian dan/atau gagasan ilmiah dari Akademisi Perguruan Tinggi, Peneliti dan Guru-guru Sekolah Dasar dari seluruh Indonesia dan/atau dari luar negeri. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan terbit secara ...