Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa melalui pembelajaran reflektif berbantuan aplikasi Moodle. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain one group pretest-postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 orang mahasiswa kelas III.B Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2017/2018. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan awal dan tes kemampuan penalaran matematis. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa melalui pembelajaran reflektif berbantuan aplikasi Moodle berada dalam kategori sedang. Kata kunci : aplikasi Moodle, kemampuan penalaran matematis, pembelajaran reflektif This research purpose to investigate the enhancement of students’ mathematical reasoning ability through implementation of reflective learning with Moodle application. This research used quasi experimental design with one-group pretest-posttest design. The subject of this study was 33 students of class III.B Mathematics Education of Universitas PGRI Palembang Academic Year 2017/2018. Data were collected through test of initial mathematical ability and test of mathematical reasoning. Data in this study were analyze through descriptive quantitative. The result shown that the enhancement of students’ mathematical reasoning who received Reflective Learning model with Moodle application was in the medium category.. Keywords : moodle application, reflective learning, students’ mathematical reasoning
Copyrights © 2019