Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 1 (2018): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

PERANAN JIGSAW PUZZLES DALAM PEMBELAJARAN MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DI KELAS IV

Indah Widyaningrum (STKIP Muhammadiyah Pagaralam)
Ratu Ilma Indra Putri (Universitas Sriwijaya)
Somakim Somakim (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran penggunaan Jigsaw Puzzles dan menghasilkan lintasan belajar siswa menggunakan pendekatan PMRI dari tahap informal ke tahap formal untuk kelas IV. Tujuan tersebut secara bertahap adalah untuk melihat kemampuan siswa dalam menentukan konsep Faktor Persekutuan terbesar (FPB) dan menyelesaikan masalah soal cerita berkaitan Faktor Persekutuan terbesar (FPB). Metode yang digunakan adalah design research dengan tahap preliminary design, teaching experiment, dan retrospective analysis. Dalam penelitian ini, terdiri dari instruksi dan konjektur pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan hipotesis pembelajaran dan menggunakan pendekatan PMRI. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas IV.A SD Negeri 55 Pagaralam. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam dua aktivitas yaitu menemukan konsep FPB dan menyelesaikan masalah soal cerita berkaitan dengan FPB. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran media Jigsaw Puzzles menggunakan pendekatan PMRI dapat membantu siswa memahami konsep materi FPB.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...