JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MULTIMEDIA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT ALFIKRI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

Yanza, Nadya Dwi (Unknown)
N, Zulkifli (Unknown)
Chairilsyah, Daviq (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pengamatan peneliti di TK IT AL-FIKRI Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, pengamatan ini terhadap nilai-nilai agama dan moral pada anak belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan penelitian menggunakan metode bercerita dengan multimedia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh metode bercerita dengan multimedia terhadap nilai-nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK IT AL-FIKRI Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dari bulan Januari 2020 untuk observasi dan penelitian. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design dengan jumlah sampel 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi nilai-nilai agama dan moral anak. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan I.BM SPSS statistik ver 23. Dari hasil analisis data diperoleh thitung 9,895 lebih besar dari pada ttabel = 2,144 dengan sig 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai-nilai agama dan moral pada anak yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan metode bercerita dengan multimedia. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat pengaruh metode bercerita dengan multimedia terhadap nilai-nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di TK IT AL-FIKRI Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru 48,92%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...