Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo
Vol 2, No 2 (2018)

PELATIHAN DIVERSIFIKASI PEMANFAATAN IKAN BANDENG LAKI (Elops hawaiensis) MENJADI PRODUK BERGIZI DAN BERNILAI EKONOMIS DI KELURAHAN KARANG REJO KOTA TARAKAN

Tri Paus Hasiholan Hutapea (Jurusan Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Borneo Tarakan)
Imra Paus Imra (Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Borneo Tarakan)
Dhimas Paus Wiharyanto (Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2019

Abstract

Ikan bandeng laki adalah hasil samping dari panen tambak udang. Ikan ini memiliki nilai jual yang sangatrendah, sehingga sering dibuang oleh masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan nilai gizidan nilai jual dari ikan bandeng laki adalah mengolah ikan tersebut menjadi produk yang beragam dan menarikuntuk dikonsumsi. Cara ini disebut Diversifikasi Produk Perikanan. Tentunya masyarakat masih memilikipengetahuan yang minim mengenai Diversifikasi Produk Perikanan, sehingga dibutuhkan pelatihan mengenaiDiversifikasi produk perikanan. Melalui Program Kemitraan Masyarakat akan dilakukan Pelatihan DiversifikasiProduk Hasil Tangkapan Ikan bagi Masyarakat Karang Rejo Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara.Diharapkan melalui program ini masyarakat mampu mengolah hasil tangkapan dengan olahan yang beragamdan menarik untuk dikonsumsi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo) adalah journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian dosen, praktisi, dan Ahli kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan oleh LPPM UBT ...