Jurnal Nutrisi Ternak Tropis (JNT)
Vol 3, No 1 (2020): JNT | Jurnal Nutrisi Ternak Tropis Maret 2020

Pengaruh Subtitusi Tepung Ikan Dengan Tepung Bernacle Terhadap Berat Organ Pencernaan dan Lemak Abdominal Kelinci Pedaging Jantan (Orytolagus cuniculus)

Bodhi Agustono (Departemen Peternakan, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Kampus C UNAIR Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60115)
Maya Nurwartanti Yunita (Departemen Patologi Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Kampus C UNAIR Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60115)
Sunaryo Hadi Warsito (Departemen Peternakan, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Kampus C UNAIR Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60115)
Widya Paramita Lokapirnasari (Departemen Peternakan, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Kampus C UNAIR Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60115)
Mohammad Anam Al Arif (Departemen Peternakan, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Kampus C UNAIR Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60115)
Ragil Angga Prastiya (Departemen Reproduksi Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Kampus C UNAIR Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60115)
Amung Logam Saputro (Departemen Klinik Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Kampus C UNAIR Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60115)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tepung teritip (Cirripedia sp.) Sebagai pengganti pakan dari tepung ikan pada pakan kelinci, seperti yang diamati dari lemak abdominal dan berat organ pencernaan kelinci jantan rex. Kelinci sebanyak 100 ekor ditempatkan pada kandang individu dengan pakan standart yang sesuai kebutuhan mereka secara ad libitum. Persentase feed substitusi dengan tepung teritip dengan empat perlakuan dan lima replikasi dalam pakan P0 (TI 15% dan TT 0%), P1 (TI 12,5% dan TT 2,5%), P2 (TI 10% dan TT 5%), P3 (TI 7,5% dan TT 7,5%). Perlakuan dilakukan selama 4 minggu, data dikumpulkan setelah pengorbanan akhir perlakuan. Usus kecil kelinci dikumpulkan dan menimbang organ pencernaan termasuk lambung, usus kecil dan usus besar. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis varians dengan tingkat signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan (p> 0,05) pada lemak perut. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan (p> 0,05) dalam berat organ pencernaan (lambung, usus kecil, dan usus besar). Tepung teritip dapat digunakan sebagai pakan pengganti tepung ikan dalam pakan lengkap untuk kelinci jenis rex hingga 7,5%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jnt

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Immunology & microbiology Veterinary

Description

Jurnal Nutrisi Ternak Tropis (JNT) adalah jurnal bebas akses yang diterbitkan oleh Minat Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya. JNT adalah jurnal peer-reviewed yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan September. JNT bertujuan untuk mempublikasikan hasil ...