Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah
Vol 4, No 2 (2019): JENDELA PLS

PEMBINAAN REMAJA MELALUI PENDEKATAN KEAGAMAAN PADA PROGRAM PIK-R DI KOTA TASIKMALAYA

Ayuni Shofariyah (Universitas Siliwangi)
Yus Darusman (Universitas Siliwangi)
Adang Danial (Universitas Siliwangi)
Dede Nurul Qomariah (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembinaan kenakalan remaja melalui pendekatan keagamaan oleh Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PIK-R melalui pendekatan pembinaan cocok untuk dilaksanakan secara rutin guna meminimalisir kerentanan remaja juga sebagai upaya preventif yang dapat dilakukan masyarakat setempat dan pemerintah. Tidak hanya itu program PIK-R juga sedikit banyak berkontribusi pada pemberdayaan individu sejalan dengan penelitian terdahulu mengenai pemberdayaan individu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Jendela PLS meliputi : Pengembangan sosial dan pembangunan masyarakat pendidikan orang dewasa dan andragogi pendidikan keluarga, gender dan anak usia dini pendidikan kecakapan hidup pemberdayaan masyarakat model, strategi dan metode pelatihan dan kursus model, strategi dan ...