Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP)
Vol 1 No 1 (2019): Januari

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KALKULUS II DENGAN SCIENTIFIC APPROACH BERBANTUAN MAPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Ummi Rosyidah (Unknown)
Irma Ayuwanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (research and development) yang terfokus pada pengembangan bahan ajar mata kuliah Kalkulkus II yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran mahasiswa. Secara garis besar, model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahapan, yaitu tahap pendahuluan, pengembangan dan evaluasi. Dari hasil analisis validasi modul diperoleh 91,83 dengan kategori baik. Uji coba skala kecil diperoleh 40,7 dengan kategori baik. Hasil analisis kepraktisan bahan ajar selama empat kali pertemuan diperoleh rerata skor 26,5 dari skor ideal 30 atau 88,33 dengan kategori sangat baik. Hasil analisis keefektifan rata-rata skor profil mengajar dosen sebesar 53,25 dari skor ideal 56 atau 95,09% dengan kategori sangat baik. Rata-rata skor profil aktivitas belajar mahasiswa sebesar 47,25 dari skor ideal 56 atau 90,87% dengan kategori sangat baik. Dari analisis hasil tes kemampuan penalaran matematika diperoleh rata-rata total kemampuan penalaran matematika adalah 0,60 dengan kategori sedang, yang dapat disimpulkan bahwa bahan ajar mata kuliah kalkulus II materi integral dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) berbantuan software Maple dapat meningkatkan kemampuan penalaran mahasiswa secara efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian Intervensi Pendidikan (JRIP) adalah jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram. Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian pada bidang pendidikan yang meliputi (1) hasil penelitian tindakan intervensi kelas, (2) penelitian pengembangan intervensi ...