Majalah Ilmiah Dian Ilmu
Vol 18, No 2 (2019): MAJALAH ILMIAH "DIAN ILMU" APRIL 2019

Evaluasi Program Siswa Asuh Sebaya Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi

Winda Rossalia (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember)
Sutomo Sutomo (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember)
Abul Haris Suryo Negoro (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2019

Abstract

Penelitan ini bertujuan mendeskripsikan hasil evaluasi Program Siswa Asuh Sebaya (SAS) pada tingkat sekolah dasar di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Bnayuwangi. Penelitian ini didasari oleh beberapa permasalahan yaitu kurangnya sosialisasi dan koordinasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi ke seluruh sekolah di Kabupaten Banyuwangi khususnya pada sekolah dasar di Kecamatan Banyuwangi sehingga menyebabkan munculnya diskresi dan kurangnya pemahaman mengenai program SAS oleh kepala sekolah maupun guru yang menyebabkan pengelolaan SAS pada beberapa sekolah berjalan kurang baik. Untuk mendeskripsikan hasil evaluasi program SAS pada tingkat sekolah dasar di Kecamatan Banyuwangi, peneliti mengacu pada konsep evaluasi Dunn dengan menggunakan enam kriteria evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang digunakan berupa data kualitatif dengan jenis data yang terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Derajat kepercayaan diuji menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan model interaktif oleh Miles dan Huberman. Temuan penelitian menunjukkan hasil evaluasi program SAS dapat dilihat dari enam kriteria evaluasi, yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, dan ketepatan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa program Siswa Asuh Sebaya telah berjalan secara efektif yang telah membantu siswa miskin dalam meringankan biaya pendidikan meskipun pada beberapa sekolah terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Namun berdasarkan hasil pengukuran menggunakan evaluasi kriteria Dunn, program tersebut dapat dilanjutkan pelaksanaannya karena mendapat respon yang baik dari siswa, sekolah, maupun orang tua siswa. Kata Kunci: Evaluasi, Program Pendidikan, Siswa Asuh Sebaya

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dianilmu

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

The "DIAN ILMU" Scientific Magazine is a journal that publishes the results of empirical research that is updated with up-to-date references and contributes to the development of scientific fields in Business Administration and Public Administration. The Editorial Team invited the writings of ...