Konvergensi
Vol 15 No 1 (2019)

APLIKASI METODE FUZZY MAMDANI UNTUK PENENTUAN HERO COUNTER PADA PERMAINAN MOBILE LEGENDS

Tanjung, Christian Adikusuma (Unknown)
Hermawati, Fajar Astuti (Unknown)
Indasyah, Enny (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Mobile Legends adalah game bergenre MOBA android yang memiliki banyak peminat sejak pertama rilis pada tahun 2016. Banyak pemain pemula game ini yang sebelumnya tidak tahu cara melawan hero musuh dengan cara memilih hero yang tepat untuk dapat mengalahkannya sehingga seringkali mengalami kekalahan dalam pertandingan. Pada tugas akhir ini penulis akan menerapkan logika fuzzy metode mamdani yang diimplementasikan untuk membuat sistem penentuan hero counter pada game Mobile Legends guna membantu pemain dalam pemilihan hero. Untuk itu diperlukan beberapa variable input yaitu kelincahan dan ability effect yang dimiliki setiap hero serta waktu lama berjalannya pertandingan. Setelah itu semua variabel input akan diolah dengan logika fuzzy dengan tahapan pembentukan himpunan fuzzy, fungsi implikasi, komposisi aturan, dan defuzzyfikasi. Berdasarkan pengujian tingkat keakuratan untuk mengetahui hero counter, dilakukan dengan percobaan pada setiap hero assassin dengan kondisi waktu yang berbeda dan menghasilkan nilai akurasi dari sistem ini sebesar 84,375%. Dengan begitu aplikasi ini diharapkan dapat membantu pemain pemula Mobile Legends saat memilih hero untuk meningkatkan presentase kemenangan guna menghindari kekalahan dalam pertandingan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

KONVERGENSI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Environmental Science

Description

Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi Journal is created as a means of communication and dissemination for researchers to publish research articles or conceptual articles. The Konvergensi Teknologi Informasi & Komunikasi Journal accepts articles related to the topic in Computer Science and ...