Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 12, No 2 (2018)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DALAM TEKS DESKRIPTIF DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DI KELAS SEPULUH SMA NEGERI 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Nur Indah Yuliani (Universitas PGRI Semarang)
Henny Mastuti (SMA N 5 Semarang)
AB Prabowo KA (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Semarang dalam menulis teks deskriptif menggunakan teknik Mind mapping. Metode penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan. Instrumen pada penelitian ini meliputi kuesioner, lembar observasi, lembar penilaian tes tertulis, dan dokumentasi kegiatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan hasil analis tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata pra siklus saat proses pembelajaran menulis teks deskriptif belum memenuhi KKM. Selain itu ketertarikan siswa terhadap kegiatan menulis teks deskriptif masih rendah karena hanya beberapa siswa yang antusias. Setelah diterapkannya teknik Mind Mapping, terjadi peningkatan proses pembelajaran menulis teks deskriptif. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya ketertarikan siswa dan skor rata-rata hasil menulis teks deskriptif pada siklus I dan siklus II. Peningkatan skor rata-rata hasil menulis teks deskriptif pada pra siklus adalah 65, pada siklus I meningkat menjadi 77, dan pada siklus II meningkat menjadi 81. Dengan demikian, keterampilan menulis teks deskriptif pada siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Semarang telah mengalami peningkatan baik secara produk maupun secara proses setelah menggunakan teknik Mind Mapping.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...