Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 6, No 1 (2012)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA

joko siswanto (Unknown)
Abdul Wakhid mustofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2013

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan modelpembelajaran kontekstual dengan media audio-visual memberikan pengaruhyang lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa daripada penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakanmedia lembar kerja siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian iniadalah True Experimental Design Posttest-Only Control Design. Darianalisis data akhir menggunakan uji t-satu pihak, didapatkan hasil penelitianuntuk kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen dan kontrol,diperoleh thitung> ttabel = 4,48 > 1,99. Sedangkan untuk kemampuan berpikirkreatif siswa diperoleh thitung > ttabel = 2,17 > 1,99. Untuk nilai rata-ratakemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen x??Ôé¼???Ñ??Ôé¼?¼?Á = 76,43 dan rata-ratakelompok kontrolx??Ôé¼???ñ??Ôé¼???ñ??Ôé¼?¼?Â??Ôé¼???ñ= 68,33. Sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatifrata-rata kelompok eksperimen x??Ôé¼???Ñ??Ôé¼?¼?Á = 73,07 dan kelompok kontrolx??Ôé¼???ñ??Ôé¼???ñ??Ôé¼?¼?Â??Ôé¼???ñ= 68,49.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan modelpembelajaran kontekstual menggunakan media audio-visual memberikanpengaruh lebih baik daripada pembelajaran dengan model pembelajarankontekstual menggunakan media lembar kerja siswa terhadap kemampuanberpikir kritis dan kreatif siswa.Kata kunci: model pembelajaran kontekstual, media audio-visual, medialembar kerja, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikirkreatif.1

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...