Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 4, No 1 (2010)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KEWIRAUSAHAAN UNTUK PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF, MINAT BERWIRAUSAHA DAN HASIL BELAJAR SISWA

Endah Rita Sultiya Dewi (Unknown)
Prasetiyo Prasetiyo (Unknown)
Filia Prima Artharina (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2012

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah tingkat berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran biologi yang berorientasi kewirausahaan? 2) Bagaimanakah minat wirausaha siswa dalam pembelajaran biologi yang berorientasi kewirausahaan??é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á?é?á 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi yang berorientasi kewirausahaan? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) tingkat berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran biologi yang berorientasi kewirausahaan, 2) minat berwirausaha siswa dalam pembelajaran biologi yang berorientasi kewirausahaan, 3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi yang berorientasi kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diawali dengan kegiatan studi pendahuluan, dilanjutkan dengan tahapan pengembangan dan yang terakhir adalah pengujian. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas XI-C tahun ajaran 2010/2011 SMK Yayasan Pharmasi Semarang. Variabel penelitan yaitu minat wirausaha, berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh pakar dinyatakan valid dengan skor 44, selain itu minat berwirausaha siswa dalam pembelajaran berorientasi kewirausahaan mengalami peningkatan 5%. Berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan 4,7%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan 15,8. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi kewirausahaan mampu meningkatkan minat berwirausaha, berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Karakteristik perangkat yang dikembangkan adalah menggunakan pendekatan kontekstual dengan metode observasi untuk mengeksplorasi, penugasan membuat produk dengan bahan dasar limbah beserta perhitungan usahanya dan galery walk untuk melatih kemampuan memaparkan serta menginformasikan produk yang dihasilkan. Kata Kunci: Minat, Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Kewirausahaan

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...