Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 5, No 1 (2020): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis

PENGARUH FAKTOR BUDAYA, FAKTOR SOSIAL, FAKTOR PRIBADI, DAN FAKTOR TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG

jenianti, rina (Unknown)
mustakim, mustakim (Unknown)
nurjanah, nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan secara parsial maupun secara simultan antara faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian ponsel merek Samsung. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2018 jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleosebesar 51 orang dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dandokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan Regresi Linear Berganda. Untuk menguji hipotesis ini menggunakan uji T, F dan uji R2. Hasil analisis regresi nilai koefisien keputusan pembelian = (7.95) dengan budaya (0.095), social (0.085), pribadi (-0.081) dan psikologi (0.452) dengan signifikansi sebesar 0,05, artinya secara setatistik nilai konstanta dan variable x bias dimasukkan kedalam model. Variable budaya, social dan psikologi memiliki pengaruh positif dan kepribadian memliki pengaruh negatif. Selain itu diperoleh hasil R2sebesar 0.372, artinya sumbangan budaya, social, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian sebesar 37,2%. Kemudian pada uji simultan F menunjukkan Fhiting> Ftabbel (5.618 > 2.61), maka H0ditolak, artinya secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara variable independen terhadap dependen, dan pada uji parsial T menunjukkan hanya variable psikologi dengan Thitung > Ttabel(2.564 > 1.68) yang signifikan. Artinya dari ke empat variable yang ada , yang memiliki pengaruh signifikan adalah psikologi terhadap keputusan pembelian ponsel merek Samsung. Kata Kunci: Budaya; Keputusan: Pribadi; Psikologi; Sosial

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BUSSINESUHO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is organized by Laboratorium Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis focused on studies on bussines finansial, marketing, and human resources. ...