Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika)
Vol 3 No 1 (2020): Januari

MEDIA PEMBELAJARAN ABAD 21: KEBUTUHAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BAGI GURU DAN SISWA SEKOLAH DASAR

Habib, Ahmad (Unknown)
Astra, I Made (Unknown)
Utomo, Erry (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran IPA dan penggunaan multimedia interaktif di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Populasinya guru dan siswa Sekolah Dasar. Sampel diambil acak, ditetapkan 6 lokasi yaitu SDN Trangkil 01, SDN Jolong 01, SDN Cebolek 02, SDN Tambahmulyo 02, SDN Muktiharjo 01, dan SDN Klakahsasihan 01.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, program multimedia interaktif dibutuhkan, terutama untuk menunjang pembelajaran IPA yang bersifat abstrak khususnya materi organ peredaran darah manusia. Format yang diinginkan berupa multimedia yang terintegrasi dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan ekstra game soal. Untuk memfasilitasi guru dan siswa Sekolah Dasar perlu dikembangkan multimedia interaktif yang didalamnya terdapat langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek, perkembangan proyek, dan output berupa laporan proyek. Selain itu, perlu dikembangkan game soal yang dapat menunjukkan hasil serta evaluasi dari game soal. Game soal yang dibuat disesuaikan dengan tingkat perkembangan kogitif, afektif, dan psikomotorik siswa Sekolah Dasar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. ...