Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, FinTech yang umum dan sedang marak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama generasi milineal untuk pembayaran, pembelian barang dan jasa salah satunya adalah Aplikasi Dana. Dalam memilih aplikasi yang akan digunakan biasanya mempertimbnagkan, kenyamanan, keamanan, ketepatan traksaksi, kemudahan, dan banyaknya promosi. Tetapi beberapa pengguna terkadang masih ragu dalam menggunakan suatu aplikasi karena beberapa review dari aplikasi yang menunjukkan ulasan positif maupun negatif. Dengan banyaknya review yang ditampilkan pada kolom komentar yang telah disediakan oleh Google Play Store di Aplikasi Dana dibutuhkan analisa untuk mengklasifikasi ulasan yang diberikan termasuk positif atau negatif. Penelitian yang dipakai adalah metode eksperimen dengan menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier dan K-Nearest Neighbor. Hasilnya pengujian pada Aplikasi Dana memiliki nilai akurasi terbaik sebesar 84,76%. Maka dapat menyimpulkan review tersebut dapat meyakinkan dari review positif oleh pengguna lain dan jika terdapat review negatif maka akan menjadi masukan kepada pihak perusahaan untuk lebih mengembangkan maupun memperbaiki produk tersebut.Keywords: Analisa Sentimen, Fintech, Aplikasi Dana
Copyrights © 2020