Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 8 No 1 (2020): JUNI

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 (DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA)

Indri Oktaviani (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)
Ikaputera Waspada (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)
Neti Budiwati (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo pada pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini terdiri dari 68 siswa Kelas X dan XI yang dipilih secara acak disalah satu SMK Negeri di Kota Cimahi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner yang terdiri dari 36 pernyataan. Teknik analisis yang digunakan oleh peneliti yaitu teknik analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat persepsi siswa terhadap Edmodo pada pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persepsi siswa terhadap penerapan Edmodo pada masing-masing aspek berada pada kategori tinggi, yaitu kategori pengukuran dan prestasi akademik sebesar 74%, kategori komunikasi dan interaksi sebesar 73% dan kategori mengakes informasi sebesar 73%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata persepsi siswa terhadap Edmodo berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 73,3%. Artinya menurut siswa media pembelajaran Edmodo dapat membantu mereka dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...