Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 8, No 1 (2020): Juni

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR (LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN KAMPUS, LINGKUNGAN MASYARAKAT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Yoni Hermawan (Universitas Siliwangi)
Heti Suherti (Universitas Siliwangi)
Rendra Gumilar (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Siliwangi. Dalam penelitian ini khususnya akan membahas mengenai yang menyebabkan prestasi bisa berubah, salah satunya bisa berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan kampus, lingkungan masyarakat, dan prestasi belajar mahasiswa serta bagaimana pengaruh lingkungan belajar terhadap prestais belajar mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survey eksplnatory. Cara – cara pengumpulan data yang telah dilakukan dengan observasi, wawancara, atau bisa menggunakan item angket, bantuan dari kepustakaan dan dokumentasi penelitian. Adapun populasinya yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi yang mengikuti mata kuliah pengantar koperasi dengan jumlah sampel 116 mahasiwa. Hasil analisis menggunakan regresi linier berganda menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif lingkungan keluarga, lingkungan kampus, dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar mahasiswa. Selanjutnya uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebsar 0,431 yang berarti pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah 43,1% dan 56,9% lagi adalah faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.This research was carried out because of the low learning achievement of Economics Education students at FKIP Siliwangi University. Based on these problems, the purpose of this study is to find out how the family environment, campus environment, community environment, and student achievement and how the influence of the learning environment on student learning achievement. The method used in this research is explanatory survey. Data collection techniques through observation, interviews, questionnaires, literature study and documentation with a population of economic education students who take courses introductory cooperatives with a sample of 116 students. The results of multiple linear regression analysis give the results that there is a positive influence of family environment, campus environment, and community environment on student achievement. Furthermore, the results of the coefficient of determination test obtained Adjusted R Square value of 0.431 which means the influence of the learning environment on student achievement is 43.1% and 56.9% again is another factor not included in this study.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...