Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelaksanaan supervisi pembelajaran. Bentuk penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Kota Batu jurusan TKJ, MM, RPL dengan jumlah populasi sebesar 26 orang. Populasi pada penelitian ini adalah semua guru yang mengajar di program keahlian Teknik Komputer dan Informatika kelompok mata pelajaran produktif di SMK batu. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Dalam penelitian ini validitas konstruk dapat dilakukan dengan meminta bantuan para ahli (judment expert) yaitu Ahmad Mursyidun Nidhom, M.Pd. dan Dila Umnia Soraya, M.Pd. dengan hasil perhitungan 86% pada kriteria valid. Penelitian menemukan pelaksanaan supervisi pembelajaran terlaksana dengan baik. Pada bagian penyusunan rencana kegiatan tahunan dan pelaksanaan penilaian hasil belajar masuk kategori baik. Sedangkan untuk indikator pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan kategori sangat baik.
Copyrights © 2017