Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
Vol. 43, No.1 (2013)

MODEL PENDIDIKAN EKONOMI KREATIF BERBASIS KARAKTER SEBAGAI BRIDGING COURSE PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

Sri Sumardiningsih (FE UNY)
Endang Mulyani (FE UNY)
Marzuki Marzuki (FIS UNY)



Article Info

Publish Date
01 May 2013

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian tahun pertama dari dua tahun penelitian yang direncanakan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat implementasi model pendidikan ekonomi kreatif berbasis karakter yang terdiri atas silabus, RPP, dan bahan ajar serta mengembangkan seperangkat instrumen yang diperlukan untuk menilai model pendidikan ekonomi kreatif yang telah dikembangkan. Pengembangan model   menggunakan Four-D yang meliputi define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian adalah mahasiswa pengambil mata kuliah kewirausahaan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perangkat pembelajaran (silabus, RPP, dan bahan ajar pendidikan ekonomi kreatif) hasil pengembangan termasuk ke dalam kategori baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi; 2) perangkat instrumen penilaian model pendidikan ekonomi kreatif hasil pengembangan (instrumen penilaian silabus, RPP, bahan ajar, penilaian kreativitas mahasiswa, dan penilaian keterlaksanaan model) termasuk dalam kategori “baik” dengan sedikit revisi.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of ...