JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
No 1 (2009): Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun XIV

Analisis Kognitif Konsepsi Medan Listrik dan Magnetik Melalui Respon Jawaban Spontan Mahasiswa Calon Guru

Sunyoto Eko Nugroho (Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang)
Agus Setiawan (Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana UPI)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan elemen kognitif konsepsi medan yang tersimpan di dalam long term memory (LTM) sebagai dasar pemecahan masalah melalui respon jawaban spontan mahasiswa calon guru fisika. Data diperoleh dengan menggunakan metode thinks-aloud. Responden terdiri atas 8 mahasiswa semester 2 yang telah menempuh fisika dasar dan 9 mahasiswa semester 6 yang telah menempuh matakuliah pengayaan lisrik magnet. Responden diberi pertanyaan real worlds yang menyangkut konsep dasar medan dan memerlukan jawaban secara spontan. Hasil studi menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan tentang pola konsepsi medan yang segera dapat diaktivasi untuk pemecahan masalah, antara mahasiswa semester 2 dan semester 6. Hal ini juga menunjukkan bahwa pemahaman konsep medan pada mahasiswa selama perkuliahan pengayaan listrik magnet tidak mampu membentuk resource aktif di dalam memori jangka panjang. Pola berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah medan cenderung menggunakan penalaran dan pendekatan intuitif. Penalaran lebih banyak digunakan oleh mahasiswa semester 6 dibandingkan dengan semester 2.Kata kunci: analisis kognitif, konsepsi medan, respon jawaban spontan

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...