RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 10 No. 1 (2017)

Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Adi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Ashari Ashari (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Arif Maftukhin (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana mengembangkan media pembelajaran menggunakan software Lectora Inspire, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran pokok bahasan Usaha dan Energi menggunakan software Lectora Inspire, dan (3) peningkatan motivasi belajar fisika siswa kelas X MIA MAN Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model penelitian ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: (1) Analisis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Kelayakan media pembelajaran dengan memberikan angket kepada ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa yaitu menggunakan perhitungan Normalized Gain dengan rerata skor yang dilakukan dari pemberian angket sebelum menggunakan media dan angket sesudah menggunakan media pembelajaran berbantuan software Lectora Inspire. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa penilaian dari ahli materi pada materi media pembelajaran fisika pokok bahasan Usaha dan Energi menggunakan software Lectora Inspire memperoleh rerata skor 4,2 mendapatkan kategori baik dengan tingkat kelayakan 83 %. Hasil penilaian ahli media pada media pembelajaran fisika pokok bahasan Usaha dan Energi menggunakan software Lectora Inspire memperoleh rerata skor 3,8 mendapatkan kategori baik dengan tingkat kelayakan 76 %. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran fisika pokok bahasan Usaha dan Energi menggunakan software Lectora Inspire yaitu memperoleh rerata skor 4,4 mendapatkan kategori sangat baik dengan persentase 88 %. Pada peningkatan motivasi belajar fisika siswa yaitu memperoleh Normalized Gain sebesar 0,62 dengan kategori peningkatan motivasi pada tingkat sedang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa media pembelajaran menggunakan software Lectora Inspire layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran serta meningkatkan motivasi belajar fisika.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...