Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 7 (2014): Juli 2014

PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO DENGAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V

Mirdanda, Astri (Unknown)
., Sugiyono (Unknown)
Djuzairoh, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang objektif tentang korelasi antara penerapan strategi the power of two dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 9 Sungai Kunyit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk penelitiannya adalah studi hubungan atau korelasi. Sumber data penelitian ini adalah 42 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi the power of two pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 9 Sungai Kunyit memperoleh rata-rata 88,25 termasuk kategori sangat baik; (2) Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial memperoleh rata-rata 77,54 termasuk kategori baik; (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan strategi the power of two dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 9 Sungai Kunyit. Hal ini dapat dilihat dari jumlah rxy>rtabel (0,46>0,312). Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.; (4) Tingkat hubungan termasuk kategori sedang dikarenakan rxy = 0,46 berada diantara interval koefisien 0,40 – 0,599. Kata kunci:   Strategi the power of two, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial  Abstract: This research aims to get the objective side about the correlation between the implementation of strategy the power of two with the student learning result in Social Sciences of fifth grade Sekolah Dasar Negeri 9 Sungai Kunyit. The research method that used is descriptive method and form of research is correlation studies. Data source of this research is 42 students. The result research indicates that: (1) implementation of strategy the power of two in Social Sciences of fifth grade Sekolah Dasar Negeri 9 Sungai Kunyit gained an average of 88,25 including the excellent category; (2) student learning result in Social Sciences gained an average of 77,54 including the both category; (3) there is a significant correlation between the implementation of strategy the power of two with the student learning result in Social Sciences of fifth grade Sekolah Dasar Negeri 9 Sungai Kunyit. It can be proved from the amount of rxy>rtabel (0,46>0,312). Thereby Ha accepted and Ho refused; (4) Degree of relationship including the medium category because rxy = 0,46 are among coefficient intervals 0,40 – 0,599. Keywords : Strategy The Power Of Two, Result of Learning, Social Sciences

Copyrights © 2014