Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Vol 5, No 3 (2020): JURNAL BASTRA EDISI JULI-SEPTEMBER 2020

KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP 10 KONAWE SELATAN

Rosalinda, Intan (Unknown)
Yunus, Yunus (Unknown)
Udu, Sumiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Pembangun Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap 10 Konawe Selatan?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri Satap 10 Konawe Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian kelas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dari 45 orag siswa yang menjadi responden penelitian, secara individual terdapat 21 orang siswa (46,67%)  masuk kategori mampu dan 24  orang siswa (53,33%) masuk kategori belum mampu dalam mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi. Secara klasikal kemampuan Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri Satap 10 Konawe Selatan masuk kategori belum mampu. Dikatakan demikian karena kemampuan siswa secara individual mencapai kemampuan minimal 70% hanya sebesar 46,67% belum mencapai kriteria kentutasan secara klasikal yaitu 85%. Dilihat dari tingkat kemampuan siswa bahwa dari kedelapan komponenen yang menjadi aspek penilain yaitu pada aspek tema, amanat, majas, irama, kata konotasi, kata berlambang, dan pengimajian tidak tuntas secara klasikal karena persentasenya tidak mencapai kriteria kentutasan klasika yaitu 85%. Kata Kunci  : kemampuan mengidentifikasi; teks puisi; unsur pembangun teks puisi 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BASTRA

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JURNAL BASTRA (Bahasa dan Sastra) adalah jurnal yang dapat diakses publik yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Universitas Halu Oleo. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, setiap bulan Januari, April, Juli dan Desember. Jurnal ini berisi hasil ...