Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
Vol 8, No 1 (2019)

PENGAJARAN BAHASA INGGRIS INTERAKTIF PADA GURU PAUD DI DESA PUCAK KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN MAROS

Hajerah Hajerah (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar)
Azizah Amal (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar)
Syamsuardi Syamsuardi (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 May 2019

Abstract

Tugas seorang guru pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah mengajar, selain itu juga guruPAUD bertugas mendidik dan membimbing anak dalam proses perkembangan yang dimilikisetiap anak. Dari semua aspek perkembangan yang dimiliki oleh setiap anak tersebut khususnyaperkembangan Bahasa dalam hal ini adalah pengenalan Bahasa inggris. Namun fakta yangterjadi dilapangan bahwa para guru masih banyak yang belum mampu mengajarkan Bahasainggris interaktif pada anak di Pendidikan anak usia dini (PAUD). Untuk mencapai tujuan tersebut,metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan pembelajaran Bahasa inggrisinterktif bagi guru PAUD di Desa Pucak Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros. Kegiatandiawali dengan pemberian materi. Setelah pemberian materi para guru diperkenalkan lagu,cerita, permaian dan yang terakhir adalah crafting (keterampilan) dalam bentuk Bahasa Inggris.Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) bulan. Secara umum semua pesertapelatihan mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias dan sungguh-sungguh. Hal tersebutterlihat dari semangat mereka datang menghadiri kegiatan tersebut meskipun jarak dari tempattinggi mereka tergolong cukup jauh dari lokasi pelatihan, kemudian mereka sungguh-sungguhdalam melaksanakan semua tugas yang diberikan, beberapa pertanyaan yang mereka lontarkanpada saat dibuka sesi tanya jawab. Setelah memberikan pemahaman tentang perkembanganBahasa Inggris pada anak, selanjutnya guru dibimbing dalam mengenal lagu-lagu, cerita yangberbahasa Inggris, menerapkan bentuk permainan berupa total physical response (TPR). Danyang terakhir adalah keterampilan (crafting). Hal tersebut terbukti dari hasil keterampilan (crafting)setiap guru dalam membuat media pembelajaran guna mendukung proses pembelajaranBahasa inggris interaktif The duty of the teacher of early childhood education is teaching, educating, and guiding child inthe process of development. All aspects of the development that is owned by children need to bedeveloped especially for the English introduction. But, there were many teachers of PAUD whohave not been able to teach English interactive.To reach the aim, the method to be used of thistraining was interactive English language learning for the teachers of PAUD in Pucak, Tompobulu,Maros. The training begins with the presentation of materials. After presentation, teachers wereintroduced songs, stories, games, and crafting in English. This training was conducted for 4months.All participants received training seriously. Teachers keep the spirit attend the trainingalthough the distance from where they live quite far towards the location of the training, they didthe task seriously, some questions were asked by the participants in question and answersession. After providing an understanding of English language development in children, thenteachers were guided to know songs and stories in English, implement a form of the game in theform total physical response (TPR). And the last was crafting that worked well.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPSBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The Educhild Journal accepts articles about the following studies: 1. Social science education 2. Mathematics education in 3. Language education 4. Science education 5. Arts and culture education 6. Citizenship education 7. Religious education 8. Sports education 9. Learning and teaching 10. ...