Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika

Penerapan Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas IX SMPN 17 Kendari

Risnawati, Risnawati (Unknown)
Yuris, Muh. (Unknown)
Erniwati, Erniwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan pengetahuan peserta didik pada materi listrik dinamis kelas IX SMP Negeri 17 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menerapkan pembelajaran berbasis laboratorium virtual dengan sampel kelas IX3 sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IX2 sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian: 1) tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata tes awal pengetahuan peserta didik yang belajar melalui pembelajaran berbasis laboratorium virtual dan laboratorium konvensional berdasarkan nilai signifikan sebesar 0,343 (α = 0,05); 2) nilai rata-rata tes akhir pengetahuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada nilai rata-rata tes akhir peserta didik kelas kontrol berdasarkan nilai signifikan sebesar 0,027 (α  = 0,05); dan 3) nilai rata-rata N-Gain pengetahuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada nilai rata-rata N-Gain pengetahuan peserta didik kelas kontrol berdasarkan nilai signifikan sebesar 0,014 (α  = 0,05). Hasil ini mengindikasikan bahwa dengan menggunakan laboratorium virtual dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas IX SMP Negeri 17 Kendari pada materi pokok Listrik Dinamis.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...