Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2017)

NILAI BUDAYA BUGIS-MAKASSAR BERBASIS NILAI KONTROL MANDIRI: LANDASAN AKTIVITAS BAGI PENDIDIKAN DASAR

Hamid, Rimba (Unknown)
Hasan, Sakka (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Abstrak. Tulisan ini berupaya memaparkan beberapa aspek berkaitan dengan perspektif nilai kontrol mandiri yang diekstrak dari nilai budaya Siri na Pacce serta Pappaseng To Riolo orang Bugis-Makassar yang dapat menjadi landasan pada aktivitas pendidikan, khususnya pendidikan dasar. Kandungan nilai-nilai budaya yang dapat diekstrak dan ditransformasi menjadi nilai pedagogis dalam konteks pendidikan dasar yang terkandung pada budaya ‘Siri na Pacce’ sebagai “motor“ penggerak dalam memanifestasikan pola-pola kebudayaan dan sistem sosialnya dan pesan-pesan To Riolo (leluhur) berupa kejujuran, kecerdasan dan keberanian. Pengaruh keragaman etnis dan budaya di Kota Kendari, khususnya di sekolah sangat beragam berdasarkan distribusi etnis gurunya, meskipun etnis dominan di kota Kendari adalah Tolaki dan Bugis-Makassar. Bagi guru-guru yang mengajar kelompok siswa dengan keragaman suku, mereka lebih memilih nilai-nilai universal yang juga terdapat dalam nilai-nilai budaya asal daerah guru yang bersangkutan. Dengan berpegang teguh pada falsafah dan ideologi Siri’ na pacce/pesse serta menerapkan pappaseng to riolota, maka perspektif nilai pedagogis yang digali dari keragaman nilai budaya dapat menjadi alternatif baru dalam aktivitas pendidikan di masa yang akan datang, khususnya pada pendidikan dasar. Sementara itu, penerapan nilai budaya oleh guru selama ini telah memberi nilai penegasan pada karakteristik yang dimilikinya dan bukan pada eksklusifitasnya.Kata kunci: nilai, budaya, kontrol-mandiri, pedagogis

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...