The problem of this research was children low language ability development. The objective of this research was to find out the correlation between role playing and children language ability in group B. Research used quantitative correlational methode. This research was conducted in Al-Hidayah kindergarten school in Kalirejo Lampung with population of 81 children. The 30 respondent were taken by using purposive sampling technique. Data were collected by observations and documentations and analyzed by using Spearmans Rank correlation technique. The result showed that there was a correlation between role playing and children language ability development.Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan kemampuan berbahasa anak usia dini belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bermain peran dengan pengembangan kemampuan berbahasa pada anak usia dini kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Penelitian dilaksanakan di TK AL-Hidayah Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah dengan jumlah populasi sebanyak 81 anak, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 30 anak dengan menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi sedangkan data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan sangat kuat antara bermain peran dengan pengembangan kemampuan berbahasa anak usia dini.Kata kunci : anak usia dini, kemampuan berbahasa, bermain peran
Copyrights © 2018