Jurnal Akrab (Aksara agar Berdaya)
Vol. 11 No. 1 (2020): JURNAL AKRAB

IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL MELALUI PENGEMBANGAN WEBSITE DESA SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT [IMPLEMENTATION OF DIGITAL LITERACY THROUGH DEVELOPMENT OF THE VILLAGE WEBSITE AS A COMMUNITY EMPOWERMENT EFFORTS]

Muhamad Affandi (Universitas Palangka Raya)
Joni Bungai (Universitas Palangka Raya)
Indra Perdana (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Konsep serta proses pengembangan pedesaan dewasa ini telah mengalami pergeseran dan tidak lagi hanya terfokus pada sektor agraris dan infrastuktur saja, melainkan telah mengarah pada penumbuhan nilai-nilai literasi digital berbasis pemanfaatan TIK. Proses tersebut diduga akan mampu mengurangi ketergantungan masyarakat desa terhadap pemerintah karena mereka akan semakin berdaya dan kreatif untuk berinovasi. Berkenaan dengan hal tersebut, diperlukan suatu sistem komunikasi yang mengintegrasikan antara komunikasi interpersonal, media massa dan media hibrida. Hal ini bertujuan untuk menstimulasi keterlibatan seluruh elemen desa dalam ragka percepatan pembangunan. Mengacu pada paradigma perkembangan wilayah pedesaan tersebut, maka tim peneliti mencoba untuk memberikan treatment dalam rangka menstimulasi kemampuan literasi digital masyarakat Desa Anjir Pulang Pisau dengan identifikasi permasalahan sebagai berikut: 1) Kompetensi literasi digital masyarakat Desa Anjir yang masih rendah; 2) Minimnya pengetahuan dan branding desa melalui web; dan 3) Kurangnya sosialisasi pemanfaatan TIK sebagai salah satu sarana pemberdayaan masyarakat desa. Adapun strategi yang diterapkan pada aktivitas penelitian ini ialah melalui penyuluhan tentang pentingnya internet dalam proses pemberdayaan desa yang kemudian disinergikan dengan pelatihan menyusun dan mengembangkan website sebagai sistem administrasi serta promosi berbagai potensi lokal di Desa Anjir, Kab. Pulang Pisau. Setelah pemberian perlakuan berakhir yang melibatkan tim peneliti, stakeholder desa dan masyarakat setempat, maka diperoleh hasil berupa meningkatnya kompetensi literasi digital operator desa dan peserta pelatihan dalam pemanfaatan internet untuk pembuatan website desa sebagai sistem administrasi sekaligus promosi berbagai keunggulan dan kearifan lokal di Desa Anjir. Peserta pelatihan mampu mengubah dirinya sendiri untuk lebih berdaya bagi pribadi, keluarga dan masyarakat. The concept and process of rural development today has experienced a shift and no longer only focuses on the agricultural sector and infrastructure, but has led to the growth of digital literacy values ​​based on the use of ICT. The process is expected to be able to reduce the dependence of rural communities on the government because they will be more empowered and creative to innovate. In this regard, we need a communication system that integrates interpersonal communication, mass media and hybrid media. This aims to stimulate the involvement of all elements of the village in the framework of accelerating development. Referring to the development paradigm of the rural area, the research team tried to provide treatment in order to stimulate the digital literacy capabilities of Anjir Pulang Pisau village community by identifying the following problems: 1) The digital literacy competence of Anjir Village community is still low; (2) Lack of knowledge and village branding through the web; and (3) Lack of socialization of the use of ICTs as a means of empowering rural communities. The strategy applied to this community service activity is through counseling about the importance of the internet in the process of village empowerment which is then synergized with training to compile and develop a website as an administrative system and promotion of various local potentials in Anjir Village, Pulang Pisau. After the treatment ended, which involved the research team, village stakeholders and the local community, the results were obtained in the form of increasing the digital literacy competence of village operators and training participants in using the internet to create a village website as an administrative system as well as promoting various advantages and local wisdom in Anjir Village. The students are able to change themselves to be more empowered for the person, family and society.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalakrab

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL AKRAB (Aksara agar Berdaya) adalah jurnal untuk mempublikasikan tulisan ilmiah populer, hasil penelitian/pengkajian, dan pengembangan model pembelajaran di bidang pendidikan nonformal, khususnya pendidikan keaksaraan dan pengembangan budaya baca masyarakat. Pengguna Jurnal adalah tenaga ...