SIMBIOSA
Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SIMBIOSA

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (AIR LINDI) TERHADAP PERTUMBUHAN MORFOMETRIK TANAMAN SELEDRI (Apium graveolensi L)

Mar Ayunis (Universitas Riau Kepulauan)
Lani Puspita (Universitas Riau Kepulauan)
Notowinarto Notowinarto (Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2015

Abstract

Limbah cair sampah yang disebut air lindi memiliki potensi sebagai pupuk organik cair yang dapat digunakan untuk pupuk tanaman. Tujuan penelitian untuk melihat efek pemberian air lindi terhadap pertumbuhan morfometrik tanaman Seledri (Apium graveolens L). Pengujian dilakukan dengan membandingkan dengan menggunaan pupuk cair komersial yang biasa oleh petani. Hasil pengujian yang diperoleh dengan derajat gain tinggi kebebasan 18 dan tingkat kepercayaan 95% atau α = 0,05. T tabel 1.734 dan T hitung adalah 0,92 (T hit 0,92 T tab 1,73). Nilai T hitung T tabel. Hipotesis H0 diterima , Hi ditolak, artinya pupuk organik cair lindi tidak memiliki efek yang sama dengan organik cair atau pupuk cair lindi tidak memberikan efek yang lebih baik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

simbiosajournal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

ehadiran jurnal SIMBIOSA sangat diharapkan untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada bidang pembelajaran Biologi dan Sains. Fokus dan cakupan SIMBIOSA secara deteil sebagai berikur: Pendidikan Biologi, mencakup : pembelajaran Biologi untuk sekolah menengah, dan perguruan tinggi; teknologi ...