Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
Vol 2 No 01 (2019): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 02, No. 01, Mei 2019

PENGARUH LATIHAN MULTIBALL DAN BERPASANGAN TERHADAP KETEPATAN FOREHAND DRIVE PADA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA DI SEKOLAH SMP NEGERI 14 JAKARTA

Bagya Sapta Waluya (Universitas Negeri Jakarta)
Kurnia Tahki (Universitas Negeri Jakarta)
Iwan Setiawan (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan multiball dan latihan berpasangan terhadap ketepatan forehand drive pada ekstrakurikuler di SMP Negeri 14 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 14 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian experiment dengan jumlah sampel 20 siswa dari jumlah 30 siswa yang mengikuti ektrakurikuler tenis meja. Teknik pengambilan sample menggunakan cluster random sampling. Didapatkan sampel yang berjumlah 20 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, 10 siswa dikelompok (latihan multiball) dan 10 siswa di kelompok (latihan berpasangan). Sampel kemudian diberikan tes awal ketepatan forehand drive, kemudian diberikan perlakuan sebanyak 8 kali pertemuan dan setelah itu diberikan tes akhir forehand drive. Dari penelitian tes akhir yang dikumpulkan mengenai ketepatan forehand drive dengan latihan multiball adalah sebagai berikut : nilai rata-rata 49,6. Sedangkan tes akhir latihan berpasangan adalah sebagai berikut: nilai rata-rata 43,6 .dengan t hitung sebesar 33,667 Selanjutnya diuji dengan nilai t tabel dengan derajat kebebasan (dk) = t tabel = 2,00. Dengan demikian nilai t hitung>nilai t tabel atau 33,667 > 2,00. disimpulkan bahwa latihan multiball lebih efektif dari pada latihan berpasangan terhadap ketepatan pukulan forehand drive pada ekstrakurikuler tenis meja di SMP Negeri 14 Jakarta.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpja

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran ...