Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2019): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Nur Fitri Lestari (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Nanang Supriadi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Siska Andriani (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2019

Abstract

Pada penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan jenis eksperimen quasy eksperimen design dan desain pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 5 Natar dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling sehingga didapatkan sampel penelitian kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas yang diterapkan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematisnya yang diterapkan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan Model Pembelajaran Konvensional.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...