Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengelolaan kinerja berbasis Balanced Scorecard pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif-deskriptif melalui studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara dan observasi serta data sekunder dari hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan dan implementasi Balanced Scorecard di KPP Pratama Batu dilakukan melalui proses cascading dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak sebagai unit level Kemenkeu-Two. Selain itu, pencapaian kinerja KPP Pratama Batu dengan Balanced Scorecard dari kuartal I hingga kuartal III tahun 2013 menunjukkan nilai sebesar 80,84% dari target sebesar 100%. Dalam mengimplementasikan Balanced Scorecard, hambatan yag dihadapi oleh KPP Pratama Batu adalah kurangnya sosialisasi dan edukasi tentang Balanced Scorecard, Balanced Scorecard hanya diintegrasikan dengan sistem reward yang didasarkan pada pencapaian kinerja organisasi tanpa melihat kinerja individu dan lambannya akses ke aplikasi Balanced Scorecard, yaitu e-performance, karena digunakan oleh seluruh pegawai Kementerian Keuangan. Kata kunci: implementasi, pengelolaan kinerja, Balanced Scorecard, Kantor Pelayanan Pajak
Copyrights © 2013