JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Vol 2 No 1 (2018): Februari 2018

Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Cikarang Pusat

Maha Putra (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia)
Hari Mulyadi (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia)
Eeng Ahman (Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Cikarang Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana data dikumpulkan dengan melakukan observasi, mengambil tes, dan melakukan wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti memilih tiga kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Ngeri 1 Cikarang pusat masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil siswa dalam mengerjakan soal yang merujuk pada tingkat kemampuan berpikir kritis C4 dan C5 pada skor 20-60. Dari tiga kelas yang diamati, tidak ada siswa yang mendapat skor 80-100. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Cikarang Pusat secara khusus pada mata pelajaran ekonomi perlu ditingkatkan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

utility

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau ...