Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan
Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan

KAJIAN LEARNING OBSTACLE MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM PERKULIAHAN KAPITA SELEKTA SEKOLAH MENENGAH

Siska Ryane Muslim (Universitas Siliwangi)
Eva Mulyani (Universitas Siliwangi)
Mega Nur Prabawati (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya learning obstacle khususnya epistemological obstacle yang dialami mahasiswa dalam mempelajari konsep trigonometri khususnya perbandingan trigonometri. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menggunakan pengetahuan yang telah dimilikinya ketika dihadapkan pada permasalahan yang berbeda. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan menghasilkan sebuah desain didaktis alternatif yang diharapkan dapat mengatasi atau meminimalisisr kesulitan atau hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu pengujian instrument, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahamahasiswa jurusan pendidikan matematika universitas siliwangi, dan tempat dilaksanakannya penelitian ini adalah di universitas siliwangi jurusan pendidikan matematika.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jspendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review berkualitas tinggi yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli berkualitas tinggi tentang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini di ...