Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 2 No. 1 (2020): Journal On Teacher Education

UPAYA MENINGKATKAN HAFALAN BACAAN DAN GERAKAN SHALAT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) PADA ANAK USIA DINI DI DESA GERBANG SARI, KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Siti Sahara (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Vitri Angraini Hardi (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Moh Fauziddin (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan bacaan dan gerakan sholat pada anak kelompok B TK Asmaul Husna. Hal ini dilakukan karena masih lemahnya kemampuan anak dalam pembelajaran sholat. Metode dan media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah metode demonstrasi dengan media audio visual. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual dilaksanakan dalam dua siklus. 2) hasil dari penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual pada dalam pembelajaran sholat mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan kemampuan praktek sholat terlihat dari kemampuan awal pra tindakan 42%, meningkat menjadi 57% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 74% pada siklus II. Dengan demikian metode demonstrasi dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan bacaan dan gerakan sholat untuk anak kelompok B TK Asmaul Husna.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...