Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 2 No. 2 (2021): Journal On Teacher Education

PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA DINI DI DESA INDRASAKTI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Paridawati, Ita (Unknown)
Daulay, Musnar Indra (Unknown)
Amalia, Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk persepsi orangtua terhadap penggunaan Smartphone pada anak usia dini, bentuk penggunaan Smartphone dan dampak yang ditimbulkan terhadap penggunaan smartphone di Desa Indra Sakti Kecamatan Tapung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Persepsi orangtua terhadap penggunaan Smartphone bagi anak dari aspek pemahaman adalah kurangnya pemahaman orangtua penggunaan Smartphone adalah penggunaan smartphone tidak terlalu penting dan hanya sebagai hiburan, orangtua kurang suka terhadap penggunaan Smartphone; anak lebih sering menggunakan smartphone untuk bermain game daripada untuk belajar ataupun bemain di luar rumah dengan teman seusianya, dan intensitas penggunaan smartphone dikategorikan dengan intensitas tinggi. Dampak positif penggunaan Smartphone bagi anak yaitu; memudahkan komunikasi, memudahkan anak untuk belajar, dapat dijadikan media hiburan anak, dampak negatif penggunaan Smartphone bagi Anak yaitu, anak jadi malas-malasan, sering tidak menghiraukan panggilan maupun perintah orangtua, lupa waktu, teledor, merusak kesehatan dan kurang melakukan sosial lingkungan sekitar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...