Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi
Vol 3, No 2 (2020): December

ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR GENETIKA MENDEL PADA MATAKULIAH GENETIKA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Naimatussyifa Daulay (Unknown)
Tumiur Gultom (Universitas Negeri Medan)
Martina Restuati (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Ketersediaan buku ajar yang mengacu pada Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 bahwa wajib ditambah bentuk pembelajaran berupa penelitian, perancangan, atau pengembangan yaitu mengintegrasikan hasil penelitian dalam pembelajaran, serta didukung dengan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yaitu kegiatan mini riset adalah terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan buku ajar pada topik Mendel matakuliah Genetika di Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi dan non kependidikan biologi yang telah atau sedang mengambil matakuliah Genetika. Sampel dipilih secara acak sebanyak 47 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan angket mahasiswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 59% referensi yang digunakan mahasiswa dalam perkuliahan Genetika selama ini hanya berupa satu buku pegangan sendiri dan peminjaman buku di perpustakaan memiliki stok terbatas. Hasil angket analisis kebutuhan pengembangan buku ajar menunjukkan bahwa 78% kebutuhan pengembangan buku ajar Genetika berbasis riset perlu dilakukan. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan buku ajar Genetika Mendel berbasis riset yang dapat memfasilitasi mahasiswa untuk belajar, baik denganĀ  pendidik maupun secara mandiri melalui Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang berlaku yaitu mini riset.

Copyrights © 2020