Ad-Man-Pend (Jurnal Administarsi Manajemen Pendidikan)
Vol 1, No 1 (2018): Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan

PENGARUH SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Samsilayurni, Samsilayurni (Unknown)
Sumarni, Sumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2018

Abstract

Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, dibutuhkan sumber daya manusia unggul agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, terutama dalam membangkitan dan memotivasi sikap belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis penelitian, dimana variabel sikap belajar (X) memperoleh jumlah skor 3372 dan variabel prestasi belajar (Y) memperoleh jumlah skor 3368. dan nilai rhitung yang didapat dari hasil perhitungan lebih besar daripada nilai rtabel (0,7022?0,2542) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan thitung lebih besar dari ttabel (6,314?1,682), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sikap belajar,  terhadap prestasi belajar siswa, jadi dapat disimpulkanbahwa: semakin tinggi sikap belajar maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jaeducation

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus : Jurnal ini fokus pada bidang ilmu Administrasi Manajemen Pendidikan. Scope : Ruang lingkup jurnal ini antara lain kajian ilmu administrasi, maanajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, ilmu perkantoran dan pratek perkantoran, ilmu manajemen dan perkantoran, bimbingan konseling, keuangan ...