Pemanfaatan konten lokal ke dalam pembelajaran IPS merupakan salah satu aspek yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran IPS. Pada praktiknya, pembelajaran IPS dominan menggunakan buku teks, sehingga penanaman sikap dan keterampilan terabaikan. Pembelajaran hanya mementingkan penanaman konsep kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan produksi Tajau di Kuin Utara sebagai sumber belajar IPS. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Reduksi data, penyajian data dan verifikasi data digunakan untuk teknik analisis data. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan perpanjangan waktu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pada kegiatan produksi Tajau terdiri dari beberapa tahapan dari persiapan, bahan, pembentukan Tajau, pengeringan, serta pemasaran. Berbagai tahapan tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS pada materi interaksi antar ruang, interaksi sosial, kegiatan ekonomi, dan perdagangan antar daerah.
Copyrights © 2020