The Innovation of Social Studies Journal
Vol 1, No 2 (2020): The Innovation of Social Studies Journal, March 2020

Tajau Production Activities in Kuin Utara as a Learning Resources on Social Studies

Hapijah Hapijah (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Herry Porda Nugroho Putro (History Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Mahmudah Hasanah (Economics Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Pemanfaatan konten lokal ke dalam pembelajaran IPS merupakan salah satu aspek yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran IPS. Pada praktiknya, pembelajaran IPS dominan menggunakan buku teks, sehingga penanaman sikap dan keterampilan terabaikan. Pembelajaran hanya mementingkan penanaman konsep kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan produksi Tajau di Kuin Utara sebagai sumber belajar IPS. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Reduksi data, penyajian data dan verifikasi data digunakan untuk teknik analisis data. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan perpanjangan waktu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pada kegiatan produksi Tajau terdiri dari beberapa tahapan dari persiapan, bahan, pembentukan Tajau, pengeringan, serta pemasaran. Berbagai tahapan tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS pada materi interaksi antar ruang, interaksi sosial, kegiatan ekonomi, dan perdagangan antar daerah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

iis

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus to provide new perspectives on the innovation of social studies in the research approach, learning media, learning resources, learning models and other related Social ...