The Innovation of Social Studies Journal
Vol 2, No 2 (2021): The Innovation of Social Studies Journal, March 2021

Adaptation of Riverbanks Community to Urban Green Open Space Development

Muhammad Rezky Noor Handy (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Mutiani Mutiani (Social Studies Education Department, Postgraduate School of the Indonesian University of Education)
Muhammad Adhitya Hidayat Putra (Social Studies Education Department, Postgraduate School of the Indonesian University of Education)
Syaharuddin Syaharuddin (Social Studies Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)
Herry Porda Nugroho Putro (History Education Department, FKIP Lambung Mangkurat University)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2021

Abstract

Perkembangan zaman mengakibatkan perubahan pada tempat tinggal dengan alih fungsi lahan ruang terbuka hijau perkotaan ini sehingga kehidupan sehari-hari manusia juga harus beradaptasi terhadap perubahan tersebut. Wilayah perkotaan yang sangat padat membawa pengaruh keburukan terutama pada bantaran sungai yang rusak karena tingkah laku masyarakatnya dalam studi ini pada bantaran Sungai Bilu, sungai Martapura Kota Banjarmasin yang berubah menjadi Kampung Wisata yaitu Kampung Hijau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Adapun tahapan analisis data; 1) reduksi data yang tidak sesuai dengan fokus penelitian, 2) penyajian data dalam bentuk narasi deskriptif, dan 3) penarikan kesimpulan berdasarkan temuan penelitian sehingga menggambarkan hasil penelitian secara sistematis.  Adaptasi dari perubahan lingkungan bantaran sungai Martapura sendiri dari alih fungsinya menjadi destinasi wisata dan ruang terbuka hijau perkotaan sehingga mereka tidak bisa lagi membuang sampah sembarangan ke sungai, dengan adanya pelatihan dan penyuluhan yang dilakukan kepada warga bantaran sungai untuk adaptasi juga mengembangkan softskill dan kepekaan warga terhadap fungsi ruang terbuka hijau di masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

iis

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus to provide new perspectives on the innovation of social studies in the research approach, learning media, learning resources, learning models and other related Social ...