Jurnal EMA (Ekonomi Manajemen Akuntansi)
Vol 5, No 2 (2020): DESEMBER

PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP PEMASARAN UMKM

Nizam, Mohammad Fatih (Unknown)
Mufidah, Eva (Unknown)
Fibriyani, Vita (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu pengujian dari pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap pemasaran UMKM makanan dan minuman di kota Pasuruan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah berjumlah 47 orang responden dengan alat analisis data yang digunakan adalah analisis jalur menggunakan bantuan software SPSS. Berdasarakan uji parsial didapat nilai signifikan yang lebih kecil dari 0.05 (0,00 < 0.05) dengan kesimpulan bahwa orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan keunggulan bersaing memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran begitu pula dengan uji simultan yang menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh dengan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 2.850 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙2.01669 dan keunggulan bersaing mempunyai pengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan dan minuman di Kota Pasuruan dengan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 4.280 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2.01669 . Berdasarkan uraian diatas, peneliti menyarankan untuk setiap pelaku UMKM agar dapat meningkatkan orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing dan lebih mempertimbangkan pentingnya inovasi produk dalam meningkatkan kinerja pemasarannya. Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan bersaing, Kinerja Pemasaran

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

conomy Accounting Human Resource Management Operations Management Marketing Management Financial ...