Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 18, No 1 (2021): Edisi Januari 2021

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA TEKNIK DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY

Mindarta, Erwin Komara (Unknown)
Sutadji, Eddy (Unknown)
Irdianto, Windra (Unknown)
Putra, Emdi Ramadhana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2021

Abstract

Fisika teknik mengarahkan mahasiswa memahami konsep dasar fisika teknik, gerak dan energi, tumbukan dan listrik di bidang otomotif. Salah satu pokok bahasannya adalah menghitung impuls dan momentum pada kendaraan yang mana melibatkan operasi matematika, yang dapat menimbulkan rasa cemas pada diri pebelajar. Sehingga dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang dapat menurunkan kecemasan matematis, yaitu problem posing. Penerapan problem posing bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Sebelum diterapkan, dilakukan lesson study (plan-do-see). Sampel berjumlah 32 mahasiswa, dengan teknik pengumpulan data observasi & pre-test & post-test. Data dianalisis deskriptif dan tes “t”. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar dibuktikan skor post-test = 89,75 lebih tingi dari skor pre-test = 78,5.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...