Kasus yang kerap dialami pada dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran tidak akan pernah terlepas dari media. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas VII SMPN 9 LANGSA ,ditemukan permaslahan yang berhubungan dengan hasil belajar siswa.Dalam proses pembelajaran biasanya siswa lebih banyak belajar secara teori. Hal ini menyebabkan siswa kurang paham lebih dalam menerima materi pembelajaran terutama pada materi Aritmatika Sosial. Dalam aktivitas pembelajaran, kehadiran guru dikelas diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan kekreativitasan siswa, sehingga siswa bisa memiliki pengetahuan tidak cuma teori, tapi dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kualitas dari game education matematika yang berbasis role playing game pada materi Aritmatika Sosial sebagai media dalam pembelajaran yang inovatif buat siswa SMP KELAS VII SMPN 9 LANGSA . 2) Mengetahui pengaruh aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. 3) Mengetahui dampak interaksi antara strategi belajar pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII.1 dengan jumlah siswa 28 orang.
Copyrights © 2021