Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2021): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan

Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa Kelas VII SMPN 9 Langsa

Rina Andreyanti (Universitas Samudra)
Nurul Fazilla Yannas (Universitas Samudra)
Roni Priyanda (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Kasus yang kerap dialami pada dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran tidak akan pernah terlepas dari media. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas VII SMPN 9 LANGSA ,ditemukan permaslahan yang berhubungan dengan hasil belajar siswa.Dalam proses pembelajaran biasanya siswa lebih banyak belajar secara teori. Hal ini menyebabkan siswa kurang paham lebih dalam menerima materi pembelajaran terutama pada materi Aritmatika Sosial. Dalam aktivitas pembelajaran, kehadiran guru dikelas diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan kekreativitasan siswa, sehingga siswa bisa memiliki pengetahuan tidak cuma teori, tapi dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kualitas dari game education matematika yang berbasis role playing game pada materi Aritmatika Sosial sebagai media dalam pembelajaran yang inovatif buat siswa SMP KELAS VII SMPN 9 LANGSA . 2) Mengetahui pengaruh aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. 3) Mengetahui dampak interaksi antara strategi belajar pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII.1 dengan jumlah siswa 28 orang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semnas2019

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Ruang Lingkup prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan meliputi bidang Pendidikan Sosial dan Budaya, Pendidikan Kesehatan, Pendidikan Sains dan Teknologi Terapan, Pendidikan Mitigasi Bencana, Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal, Pendidikan Literasi, Bahasa, Sastra dan Seni, ...