Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan self-concept siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kendari, (2) mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kendari, dan (3) mengetahui pengaruh self-concept terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kendari. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel 80 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) siswa yang memiliki self-concept siswa dari sedang, tinggi hingga sangat tinggi mencapai 67,50% dan siswa yang memiliki self-concept dari rendah hingga sangat rendah mencapai 32,50%, (2) Kemampuan pemahaman matematis siswa dari cukup, tinggi hingga sangat tinggi mencapai 87,50% dan siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis siswa dari rendah hingga sangat rendah mencapai 12,50%, dan (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan self-concept terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kendari
Copyrights © 2021