Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains
Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains

Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kotabaru

Gina Himatul Aliyah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Astuti Darmiyanti (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dewi Siti Aisyah (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhapad motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Hasil penelitian tersebut menentukan bahwa Ada Pengaruh yang signifikan antara Variabel model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 1 Kotabaru. Hal ini dapat di ketahui dari analisis data secara menyeluruh. Berdasarkan Uji hipotesis asosiatif atau hubungan dua variabel yang datanya bersekala interval atau rasio maka menggunakan korelasi Product Moment dengan menggunakan SPSS tipe 16.0 hasil perhitungan dari 40 siswa kelas VII sebesar 0,732 dengan nilai p=0,000 hal ini menunjukkan bahwa hubungan kedua varibel tersebut kuat, yaitu berada pada interval 0,600-0,799. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 1 Kotabaru. Hal ini dibuktikan Dengan derajat pengaruh sebesar 46,5% artinya masih terdapat 53,5% faktor lain yang bisa mempengaruhi atau memberikan kontribusi kepada motivasi belajar siswa. Mulyasa, E. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. UU RI Nomor 20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta: Cemerlang. Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720 Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1). Suprijono, Agus. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2012.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

intelektualita

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains (Intelektualita Journal: Islamic, Social, and Science Studies) (ISSN: 2303 - 2952 ; e-ISSN: 2622-8491) is a journal published by Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Published articles ...